Sepenggal cerita Pantai Pangandaran

Bagi sebagian besar masyarakat didaerah Jawa Barat, siapa sich yang gak tahu Pangandaran. Orang bilang Bali punya pantai Sanur. Kalau Jawa Barat punya pantai Pangandaran. Selain pantai yang nyaman untuk berenang, pengunjung juga dapat menikmati cagar alam yang masih asli (masih alami/ dibiarkan apa adanya), pemandangan sunset dan sunrice yang indah.
Namun dibalik keindahan pantai yang terkadang membuat pengunjung yang berenang terlena dan lupa, mengintip marabahaya yang bisa merenggut nyawa anda. Oleh karena itu sebaiknya bagi siapa saja yang berenang di pantai Pangandaran tetap waspada, tenang dan berdoa memohon keselamatan kepada Alloh Swt sebelum berenang.
kenapa Mayoritas Orang Bandung Yang Terkena Musibah?
Saya sendiri gak tahu alasan yang tepat sehingga dapat mengatakan bahwa orang Bandung yang selalu kena musibah?? Bukan nakut-nakutin lho. Ini semua berdasarkan kejadian-kejadian yang penulis lihat dan alami. Gak ada salahnya kan ngasih tahu atau sedikit menyarankan demi kebaikan orang Bandung yang berkunjung ke pantai Pangandaran. Kebetulan penulis lahir dan besar dipesisir pantai Pangandaran. Dan kebetulan juag dulu waktu kecil (SD-SMA) penulis sering berenang di pantai. Jadi sering mengetahui kejadian2 musibah yang terjadi dipantai tersebut.
Dulu apabila musim liburan sekolah atau libur Hari Raya Keagamaan dan tahun baru, pantai Pangandaran selalu dipenuhi oleh wisatawan2 domestik dari daerah Bandung, Tasik, Ciamis, banjar dan sekitarnya. Biasanya pada saat2 liburan tersebut, tempat berenang dipantai Pangandaran akan dipenuhi oleh pengunjung yang berenang. Nah sedihnya, setiap tahun selalu ada saja orang yang meninggal terseret ombak. Jumlahnya terkadang cukup banyak. Bisa mencapai >5 orang tiap tahunnya yang meninggal. Mayoritas dari orang yang meninggal tersebut adalah Orang Bandung. Nah Lhooo……ini bukan berita boong lho…..

Legenda/ Latar Belakang

Penulis pernah menanyakan kepada beberapa orang tua (sesepuh) dan membaca tulisan2 yang melatar belakangi kejadian tersebut. Mengenai kebenarannya sendiri Wallahualam, hanya Alloh Swt yang maha tahu.
Begini ceritanya.
Pada jaman kerajaan dulu, dikisahkan ada Raja Pajajaran yang memperistri wanita yang cantik dari kalangan rakyat biasa. Konon katanya, wanita tersebut dijadikan selir raja. Atau istilah jaman sekarang mah “istri simpanan”. Dan yang namanya “istri simpanan” sudah tentu istri yang pertama (sah) gak bakalan tahu.
Nah suatu ketika, si perempuan ini mengandung. Sudah barang tentu bahagianya si wanita ini. Di beritahunya si Raja Pajajaran bahwa dirinya sudah mengandung. Namun bukannya senang tuch Raja. Justru sebaliknya, Raja Pajajaran ini marah dan berbalik benci (hikhik…model2 co yang mau enaknya doang nich). Akhirnya diperintahkannya ke pengawal kerajaan untuk membawa pergi jauh dan membuang si wanita ini ke hutan belantara (biar dimakan macan and mati katanya)…
Hikhikhik….betapa hancur hati wanita ini, dia menangis sepanjang hari. Akhirnya dengan penuh kepedihan dan kehancuran, dia berjalan tanpa tentu arah tujuan. Sampai suatu hari, tanpa disadari dia sudah berada dipesisir pantai selatan Laut Jawa. Lalu terbersit dibenaknya untuk mengakhiri hidupnya dengan cara menceburkan dirinya ke laut selatan. Biar dirinya terbawa arus, dan tengelam, sehingga kepedihan hidupnya bisa segera berakhir…(hmmmm kasihan juga ya)…Namun dendam dihatinya kepada Raja Pajajaran tetap membara.
Nah, ketika dia akan berusaha bunuh diri tersebut, rupanya Ratu Kidul melihat dan ikut prihatin dengan nasib tuch ce. Sampai akhirnya diutusnya pengawalnya untuk menolong si wanita ketika akan bunuh diri.
Alkisah, akhirnya si wanita ini diangkat anak oleh Ratu Kidul, dan diberi nama roro kidul (kalau gak salah). Diajarinya si wanita ini berbagai ilmu kesaktian dan kanuragan, sehingga dia menjadi wanita yang sakti Mandraguna. Tak lupa diberinya juga ni ce daerah kekuasaan pesisir laut selatan. Konon, Dendam kepada raja Pajajaran sampai saat ini tetap membara dan tidak pernah padam. Bahkan dendam tersebut berimbas kepada anak, cucu, cicit keturunan Raja Pajajaran. Ngeri kan???
Mungkin gak masuk akal kan?? Tapi pertanyaannya adalah, kenapa kebanyakan orang Bandung yang meninggal??? Penulis serahkan semuanya kepada pembaca didalam menyikapinya.

2 komentar:

  1. Bingung cari situs judi online teraman dan terpercaya di Indonesia?. Mari bergabung

    bersama kami & nikmati bonus menarik dari kami. Hanya dengan minimal deposit

    Rp 20.000 saja, anda sudah memiliki peluang untuk memenangkan puluhan juta

    bahkan sampai ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Telah hadir situs terpercaya untuk bermain game online

    Menyaediakan 8 game dalam satu id
    * POKER
    * BANDAR Q
    * BANDAR POKER
    * DOMINO
    * CAPSA SUSUN
    * ADU Q
    * BANDAR 66
    * SAKONG

    keunggulan bermain di PESONAQQ :

    * Minimal deposit hanya Rp 20.000
    * Minimal tarik dana Rp 20.000
    * Dilayani oleh CS profesional dan ramah, 24 jam online
    * Proses Depo & WD super cepat
    * No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
    * Bonus Referal 100% - 200%
    * Bonus TO di bagikan tiap hari s/d 0.5%

    Untuk Info Lebih Lanjut Contact CS Kami :
    *Livechat
    * WA : +85511817618
    * BBM :

    BalasHapus